SelaMat Datang di Website Syaidina Hamzah kontak : 085383219597 / 087894690221

Jumat, 02 Desember 2011

Bibit Baru


















Jabon (Anthocephalus Cadamba) merupakan salah satu jenis tumbuhan lokal Indonesia yang berpotensi baik untuk dikembangkan dalam pembangunan hutan tanaman maupun untuk tujuan lainnya, seperti penghijauan, reklamasi bekas tambang maupun kegunaan investasi lainnya. 
Kelebihan dari tanaman ini dibandingkan tanaman lainnya sejenis antara lain teknik budidaya dan perawatan yang relatif mudah, tingkat pertumbuhan yang cukup cepat, bernilai ekonomis cukup tinggi, serta sebagai fungsi tanaman penghijauan.

Saat ini Jabon menjadi andalan industri perkayuan, termasuk kayu lapis, karena Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albasia. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, keunggulan tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa sisi, diantaranya adalah:

  • Jabon (Anthocephalus cadamba) Merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian 0 – 1000 m dpl.
  • Diameter batang dapat tumbuh berkisar 10 cm/th
  • Masa tanam jabon yang cukup singkat – hanya 4 hingga 5 tahun dapat dipanen
  • Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus
  • Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri (self purning)
Selain dari manfaat kayu, beberapa daerah di dunia telah memanfaatkan tanaman jabon sebagai obat maupun bahan pakan ternak. Ekstrak daun jabon dipercaya mengandung senyawa kimia yang bersifat antimikroba, yang dapat digunakan sebagai obat kumur maupun obat pelangsung, sedangkan daun jabon yang masih muda dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak sebagai pengganti rumput.
Selain kayu maupun daun, bunga jabon juga dapat dimanfaatkan, sebagai sumber bahan parfum ataupun juga untuk mendukung perkembangbiakan lebah madu. Masih banyak manfaat yang dimiliki oleh tanaman jabon ini .... 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Selamat Datang Di Website Jabon