SelaMat Datang di Website Syaidina Hamzah kontak : 085383219597 / 087894690221

Selasa, 06 Desember 2011

pemasaran Kayu Jabon sangat mudah

kayu jabon :Tim CV Saham Jabon Indonesia (SJI) mendapatkan sebuah kesempatan berharga dengan berkunjung ke PT Sekawan Sumber Sejahtera. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan kayu lapis dan berorientasi ekspor ke luar negeri perusahaan ini memiliki 4 cabang diantaranya PT Sekawan Sahabat Sejati,PT Wana awet mas,dan PT Falcata jaya makmur industri (fjmi). Kunjungan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 6 Juni 2011.


Dalam kesempatan tersebut, tim dari CV SJI ditemui langsung oleh bapak Krisnadi Priyana, Direktur PT Sekawan. Antara CV SJI dan PT Sekawan sendiri, sebelumnya sudah terlibat kerjasama dicantumkan dalam mou dan kesepakatan untuk menerima semua hasil panen kayu Jabon yang dikelola oleh CV SJI. Dengan demikian, semua hasil panen kayu Jabon yang berada di bawah pengelolaan CV SJI, sudah pasti akan mendapatkan pembeli dan tidak mungkin sia-sia.

Di perusahaan yang terletak di kawasan Kranggan, Kabupaten Temanggung tersebut, tim dari CVSJI mendapatkan banyak masukan terkait pengelolaan kayu Jabon pasca penebangan. Di antaranya tentang tekhnik pemotongan pohon yang selama ini banyak dipahami salah oleh petani dan penebang di lapangan. Menurut Krisnadi, kayu yang bisa nilai ekonominya lebih besar adalah jenis kayu yang dipotong dalam ukuran panjang 260 cm dan diameter diatas 25 cm, dan bukan kayu yang dipotong pendek-pendek 130cm. Sebab, kayu yang dipotong pendek-pendek, cenderung hanya bisa digunakan sebagai inti kayu lapis.



Selama ini, kayu jabon yang berukuran besar kerap dipotong mennjadi beberapa bagian dalam ukuran pendek oleh petani. Alasannya, demi memudahkan dalam proses pengangkutan hingga pabrik. Pandangan inilah yang harus dibenahi di kalangan petani dan penebang. Pabrik kayu akan lebih senang jika pohon yang dikirimkan berukuran besar.jumlah produksi ke 4 pabrik anak perusahaan PT SSS membutuhkan sekitar 200 ribu m3 log kayu jabon,sengon atau meranti per tahun

dalam diskusi ini kami mendapatkan pelajaran berharga,bahwa semua isu negatif tentang kayu jabon adalah tidak benar,diantaranya isu yang beredar,bahwa kayu jabon tidak bisa diolah menjadi kayu lapis karena sulit di lem,dalam kenyataanya dalam pemgolahan di PT SSS tidak ada kendala sedikitpun dalam pengolahan kayu jabon,melainkan kendala suplai kayu jabon yang sangat terbatas.

bahkan dari pengalaman kami yang banyak berhubungan dengan para pengusaha yang bergerak di sektor kayu,saat ini bahkan ada yang menggunakan kardus bekas sebagi inti kayu lapis berkualitas terjelek,sangat ironis kalau masih ada segelintir manusia yang ragu akan pemasaran kayu jabon.

2 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

jabon
bibit jabon
benih jabon
jabon
biji jabon

terimakasih ijin mampir, salam buat pak sayidina hamzah dan semoga sukses

Poskan Komentar

 
Selamat Datang Di Website Jabon