SelaMat Datang di Website Syaidina Hamzah kontak : 085383219597 / 087894690221

Jumat, 17 Februari 2012

jabon merah umur 3 bulan

DAUN JABON MERAH
INVESTASI POHON KAYU : INVESTASI RESIKO MINIM HASIL SPEKTAKULER

investasi di bidang kehutanan atau pohon kayu selalu mengungguli investasi di bidang lainnya selama 30 tahun terakhir, yang secara konsisten memberikan tingkat pengembalian minimal 15% per tahun selama beberapa dekade terakhir. Perusahaan investasi terkenal seperti Jeremy Grantham pun telah menggunakan investasi di bidang ini sebagai lindung nilai yang efektif terhadap inflasi selama bertahun-tahun (bahkan Grantham memegang 20% dari portofolio investasi pribadinya di sektor Kehutanan), dari investasi sebesar £ 1 juta ( sekitar 14 milyar) pada tahun 1990 dapat menghasilkan pengembalian sekitar £ 16.366.537 (sekitar Rp.233,5 milyar) di tahun 2010 kemaren.

lalu bagaimana supaya kita juga bisa merasakan bahwa investasi ini adalah yang terbaik, dan bagaimana pula investor kecil, yang mungkin tidak memiliki modal investasi sampai puluhan milyar, bisa berinvestasi dan mengambil keuntungan dari bisnis risiko rendah namun pengembalian tinggi yang selama selama puluhan tahun ini hanya baru bisa dinikmati oleh investor besar tersebut?

Ada beberapa pilihan investasi yang tersedia untuk investor kecil supaya bisa berinvestasi di bidang ini, seperti investasi menanam jabon merah samama, jabon putih, kayu putih, gmelina, sengon, surian dll. Investor bisa memilih sendiri dari mulai pemilihan jenis pohon yang akan ditanam sampai tempat atau lokasi untuk menanam pohon kayu yang telah dipilih, Pemilihan investasi jenis ini juga tergantung dari seberapa lama anda menginginkan dana investasi anda kembali lagi, semakin cepat, semakin besar tentunya semakin baik.

Bahkan saat ini banyak perusahaan ataupun perorangan yang menawarkan kerjasama investasi dibidang ini, mereka rata rata menawarkan sistem kerjasama investasi bagi hasil atau syariah namun ada pula yang menawarkan kenaikan persentase per tahun. Paket investasi yang ditawarkan pun beragam dari yang per hektar sampai yang per pohon. Paket per hektar pun bermacam macam juga tergantung dari berapa jumlah pohon yg ingin kita tanam biasanya antara 500 sampai 2500 pohon tergantung pola tanam. Besaran nilai investasi dan tingkat keuntungan yang ditawarkan pun bervariasi padahal jenis dan jumlah pohon yang ditawarkan sama persis, hal ini mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor contohnya harga beli bibit, upah buruh, keadaan lahan dsb tergantung dari dimana lokasi perkebunan itu berada.

Memilih mitra investasi yang dapat memberikan keuntungan yang maksimal serta membuat hati aman dan tentram tentu saja tidak mudah, salah memilih mitra bisa fatal akibatnya, bukannya laba yang diperoleh namun kerugianlah yang kita dapatkan ya rugi uang ya rugi waktu, tentunya kita tidak mau seperti itu bukan. Untuk itu kita perlu mengetahui dan memahami tips atau cara -cara memilih mitra investasi pohon kayu yang menurut kita paling baik.

Beberapa tips memilih mitra investasi budidaya pohon kayu :

Pengalaman penanaman
Pengalaman panen
Tenaga teknis Pengelolaan
Jaminan pemasaran
Rasio keuntungan yang di tawarkan
Lokasi dan Kualitas lahan perkebunan
Jangka waktu investasi
Jaminan keamanan investasi
Dll


Tips di atas hanya sekedar garis besarnya saja untuk penjelasannya mungkin di postingan yang berikutnya, dan sekedar informasi tips diatas saya peroleh dari hasil wawancara dan bertanya sana sini baik kepada investor maupun kepada orang orang yg sudah berpengalaman di bidang yang satu ini.
1 comments
Labels: budidaya jabon, investasi di bidang kehutanan atau pohon kayu, Jabon Merah, jati jabon, kayu, Peluang Investasi Jabon Merah, pohon, samama
BERKEBUN JABON MERAH SAMAMA = MENJAGA KESEIMBANGAN ALAM

Perkebunan jabon merah samama yang dikelola dengan sangat baik untuk menghasilkan pohon yang pertumbuhannya cepat serta berkualitas, cenderung menyerap karbon dioksida lebih baik dari hutan yang tidak dikelola dengan baik apalagi yang ditelantarkan dan ridak terurus.

Karbon dioksida diyakini sebagai penyebab utama gas rumah kaca, tetapi meskipun begitu tetap diperlukan untuk keseimbangan kehidupan. Pohon dan tanaman lainnya yang tumbuh dengan baik di hutan mengubah karbon dioksida menjadi biomassa dan melepaskannya ketika mereka membusuk atau bernapas. suatu proses yang telah berjalan lama untuk menjaga kesimbangan alam. Namun proses tersebut akan menjadi terganggu apabila pohon dan tanaman tidak bisa menyerap CO2 yang terlalu banyak melebihi kemampuan penyerapan CO2 pohon dan tanaman.

Semakin banyaknya perkebunan pohon jabon merah samama yang dikelola dengan baik akan sangat membantu menyerap sejumlah besar CO2 yang semakin banyak akhir akhir ini sehingga keseimbangan alam bisa diperbaiki lagi, seperti halnya hutan yang akan terus menyerap karbon di atmosfer selama berabad-abad jika dibiarkan tidak terganggu atau ditebangi secara brutal. Akibat terganggunya hutan maka proses pun terganggu dan perkebunan jabon merah adalah salah satu solusi untuk membantu proses yang dijalankan hutan selama ini. Untuk itu marilah kita berdayakan lahan kritis atau kebun kita untuk ditanami jabon merah yang terkelola dengan baik sehingga dapat membantu proses keseimbangan kehidupan alam.
0 comments
Labels: bibit jabon, budidaya jabon, harga jabon, jabon, jabon 2011, Jabon Merah, Jabon Merah Samama Budidaya Jabon Merah Samama, jati jabon, kayu jabon, menanam jabon, perkebunan jabon merah, pohon, tanaman jabon
JABON MERAH SAMAMA
Jabon Merah Samama merupakan salah satu andalan tanaman pohon perkebunan yang tumbuh cepat (fast growing species). Tinggi tanaman mencapai 40 m dgn batang bundar dan tegak lurus, lingkar batang mencapai 150 cm (diameter 40-50 cm). jabon merah samama merupakan tanaman pioner yang toleran cahaya sehingga dapat hidup dibawah naungan sekalipun. jabon merah samama ini dapat hidup di ketinggian 100-1000 mdpl dan yang menjadikan jabon merah samama cocok untuk pohon perkebunan adalah pohon ini siap panen pada umur 6 - 10 tahun.

Jabon merah samama umur 10 tahun rata-rata volume dalam satu pohon adalah 0,8 - 1,0 m3 bahkan bisa lebih untuk perawatan maksimal. jabon merah samama mampu berkembang biak secara dominan. Perbanyakan dapat dibuat dengan cabutan/anakan di hutan, untuk membuat bibit jabon merah samama dalam jumlah besar bisa dengan menyemaikan biji.dari penaburan 200 gr saja bisa menghasilkan 100 rb bibit pohon jabon merah samama. Hasil pengujian di laboratorium berat jenis (density) Jabon Merah samama ini adalah 0,44 – 0,51 atau diatas Jabon Putih. Warna kayu jabon merah samama kemerah-merahan menyerupai kayu meranti.

CIRI-CIRI KHAS BIBIT JABON MERAH SAMAMA
1. Jabon merah samama ini berasal dari Sulawesi, Maluku, Halmahera dan Papua
2. Warna buah jabon merah samama coklat muda kemerah-merahan
3. Ukuran buah jabon merah samama berdiameter 3-4 cm
4. Biji jabon merah samama lebih besar daripada biji Jabon Putih, warnanya coklat kemerahan sebesar kutu tungau
5. Dalam 1 ons benih jabon merah samama berpotensi bisa menjadi 25.000 - 50.000 bibit (tergantung kepandaian pembuat bibit)
6. Setelah jadi bibit warna keseluruhan berwarna kemerah-merahan bukan hanya sebagian dari bibit
7. Permukaan daun berbulu kasar seperti daun Jati
8. Kuncup daun muda pohon jabon merah samama mirip kelopak daun berwarna lebih merah
9. Bentuk daun jabon merah samama lebih lonjong dan lancip, tidak seperti daun Jabon Putih yang bentuknya lebih oval.
10. Warna tulang daun jabon merah samama kelihatan jelas berwarna merah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Selamat Datang Di Website Jabon